Orbit99.ID -Serat pangan dikenal juga sebagai dietary fiber, merupakan bagian dari tumbuhan yang tersusun dari karbohidrat. Serat pangan memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia, serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar.

Sifat tersebut membuat serat pangan tidak dapat dicerna oleh enzim-enzim pencernaan.

Mengapa konsumsi pangan tinggi serat sangat penting bagi kesehatan tubuh? Dokter spesialis penyakit dalam Hardianto Setiawan Ong, menjelaskan, mengkonsumsi serat pangan dapat membantu memperlancar jalannya makanan mulai dari mulut hingga ke saluran pembuangan pada tubuh manusia. “Ini juga membantu mengontrol berat badan karena serat pangan memberi efek rasa kenyang lebih lama.”

Manfaat Serat Pangan untuk Tubuh

Serat memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat dari memenuhi kebutuhan serat setiap harinya.

1. Menurunkan Risiko Diabetes
Mengonsumsi serat dalam jumlah cukup akan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Serat akan membuat tubuh kenyang lebih lama dan mencegah terjadinya makan berlebihan yang berujung pada penumpukan lemak di dalam tubuh.

2. Menurunkan dan Menjaga Berat Badan
Sejalan dengan poin sebelumnya, kandungan serat yang banyak akan mencegah Anda mudah lapar. Kondisi ini menyebabkan Anda mudah mengatur asupan kalori harian. Kalau ingin menurunkan berat badan, tinggal diturunkan saja kalorinya. Kalau ingin mempertahankan, jangan kurangi atau dilebihkan.

3. Menyehatkan Bakteri Baik di Saluran Cerna
Serat baik sekali untuk tubuh khususnya saluran cerna. Bakteri baik di sana bisa tumbuh dengan maksimal dan membantu pencernaan kalau serat harian terpenuhi.

4. Menurunkan Risiko Gangguan Jantung
Serat menyerap kolesterol dalam jumlah banyak. Kolesterol yang stabil di tubuh akan menurunkan risiko pengendapan di pembuluh darah dan kesehatan jantung akan terjaga.

5. Menurunkan Risiko Kanker
Mengonsumsi serat dengan jumlah yang cukup bisa menurunkan risiko kanker colorectal dan payudara. Dua kanker ini cukup berbahaya pada semua orang khususnya wanita.

6. Melancarkan BAB
Serat melancarkan BAB karena mencegah sembelit. Kandungan serat dari makanan menyebabkan feses jadi mudah terbentuk dan dikeluarkan setiap harinya. Kalau serat terpenuhi setiap harinya, Anda bisa BAB secara reguler.

Penuhi kebutuhan serat dengan sering mengonsumsi sayuran dan buah. Anda juga bisa menambahkan beberapa biji-bijian yang mengandung protein tinggi seperti kedelai.

7. Menyehatkan Tulang
Serat pada beberapa makanan seperti kedelai bisa memicu peningkatan bioavailabilitas dari makanan khususnya kalsium. Nah, seperti yang sudah kita tahu bersama, kalsium baik untuk kesehatan tulang.